1

.Alur Proses PBB

 

Alur Proses Pelayanan PBB

A.1. Alur Pelayanan  Pendaftaran Obyek Pajak Baru Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)

 

Komponen

Uraian

Alur Kerja

  1. Wajib pajak menyampaikan berkas permohonan ke Loket Pelayanan Seksi PDI;
  2. Petugas pelayanan menerima, menerbitkan Bukti Penerimaan Surat (BPS), merekam dan meneruskan permohonan ke Seksi Intensifikasi dan Ekstensifikasi;
  3. Wajib Pajak menerima BPS;
  4. Petugas Seksi Intensifikasi dan Ekstensifikasi melakukan penelitian kantor dan membuat konsep Berita Acara Penelitian Kantor/Lapangan;
  5. Petugas Seksi Intensifikasi dan Ekstensifikasi membuat konsep laporan hasil penelitian kantor/lapangan;
  6. Kepala Seksi Intensifikasi dan Ekstensifikasi menandatangani Berita Acara Penelitian Kantor/lapangan;
  7. Kepala Bidang Pendapatan II menyetujui Laporan Hasil Penelitian Kantor/ lapangan dan penerbitan SPPT; Petugas Seksi Intensifikasi dan Ekstensifikasi melakukan pemutakhiran data grafis dan meneruskan berkas permohonan ke Seksi PDI;
  8. Petugas Operator Console (OC) seksi PDI melakukan perekaman data dan mencetak Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT);
  9. SPPT diteruskan ke Loket Pelayanan Seksi PDI;
  10. SPPT disampaikan kepada Wajib pajak.

 

 

A.2. Alur Pelayanan  Mutasi Habis Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)

 

Komponen

Uraian

Sistem, Mekanisme dan Prosedur

  1. Wajib pajak menyampaikan berkas permohonan ke Loket Pelayanan Seksi PDI;
  2. Petugas pelayanan menerima, menerbitkan Bukti Penerimaan Surat (BPS), merekam dan meneruskan permohonan ke Seksi Pengolahan Data dan Informasi, apabila diperlukan verifikasi lapangan maka berkas diteruskan kepada Seksi Intensifikasi dan Ekstensifikasi;
  3. Wajib Pajak menerima BPS;
  4. Petugas Operator Console (OC) seksi PDI melakukan perekaman data dan mencetak Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT);
  5. SPPT diteruskan ke Loket Pelayanan Seksi PDI; SPPT disampaikan kepada Wajib pajak.

 

 

A.3 Alur Pelayanan  Mutasi Sebagian Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) 

Komponen

Uraian

Sistem, Mekanisme dan Prosedur

  1. Wajib pajak menyampaikan berkas permohonan ke Loket Pelayanan Seksi PDI;
  2. Petugas pelayanan menerima, menerbitkan Bukti Penerimaan Surat (BPS), merekam dan meneruskan permohonan ke Seksi Intensifikasi dan Ekstensifikasi;
  3. Wajib Pajak menerima BPS; Petugas Seksi Intensifikasi dan Ekstensifikasi melakukan penelitian kantor dan membuat konsep Berita Acara Penelitian Kantor/Lapangan;
  4. Petugas Seksi Intensifikasi dan Ekstensifikasi membuat konsep laporan hasil penelitian kantor/lapangan;
  5. Kepala Seksi Intensifikasi dan Ekstensifikasi menandatangani Berita Acara Penelitian Kantor/lapangan;
  6. Kepala Bidang Pendapatan II menyetujui Laporan Hasil Penelitian Kantor/ lapangan dan penerbitan/pemecahan SPPT;
  7. Petugas Seksi Intensifikasi dan Ekstensifikasi melakukan pemutakhiran data grafis dan meneruskan berkas permohonan ke Seksi PDI;
  8. Petugas Operator Console (OC) seksi PDI melakukan perekaman data dan mencetak Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT);
  9. SPPT diteruskan ke Loket Pelayanan Seksi PDI;
  10. SPPT disampaikan kepada Wajib pajak.

 

 

A.4. Alur Pelayanan  Pembetulan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) 

Komponen

Uraian

Sistem, Mekanisme dan Prosedur

  1. Wajib pajak menyampaikan berkas permohonan ke Loket Pelayanan Seksi PDI;
  2. Petugas pelayanan menerima, menerbitkan Bukti Penerimaan Surat (BPS), merekam dan meneruskan permohonan ke Seksi Intensifikasi dan Ekstensifikasi;
  3. Wajib Pajak menerima BPS;
  4. Petugas Seksi Intensifikasi dan Ekstensifikasi melakukan penelitian kantor dan membuat konsep Berita Acara Penelitian Kantor/Lapangan;
  5. Petugas Seksi Intensifikasi dan Ekstensifikasi membuat konsep laporan hasil penelitian kantor/lapangan;
  6. Kepala Seksi Intensifikasi dan Ekstensifikasi menandatangani Berita Acara Penelitian Kantor/lapangan;
  7. Kepala Bidang Pendapatan II menyetujui Laporan Hasil Penelitian Kantor/ lapangan dan pembetulan SPPT Petugas Seksi Intensifikasi dan Ekstensifikasi melakukan pemutakhiran data grafis dan meneruskan berkas permohonan ke Seksi PDI;
  8. Petugas Operator Console (OC) seksi PDI melakukan perekaman data dan mencetak Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT);
  9. SPPT diteruskan ke Loket Pelayanan Seksi PDI;
  10. SPPT disampaikan kepada Wajib pajak.

 

A.5. Alur Pelayanan Pembatalan/Penghapusan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)

Komponen

Uraian

Sistem, Mekanisme dan Prosedur

  1. Wajib pajak menyampaikan berkas permohonan ke Loket Pelayanan Seksi PDI;
  2. Petugas pelayanan menerima, menerbitkan Bukti Penerimaan Surat (BPS), merekam dan meneruskan permohonan ke Seksi Intensifikasi dan Ekstensifikasi;
  3. Wajib Pajak menerima BPS;
  4. Petugas Seksi Intensifikasi dan Ekstensifikasi melakukan Penelitian Kantor/Lapangan;
  5. Petugas Seksi Intensifikasi dan Ekstensifikasi membuat konsep laporan hasil penelitian kantor/lapangan;
  6. Kepala Seksi Intensifikasi dan Ekstensifikasi menandatangani Laporan Hasil Penelitian Kantor/ lapangan;
  7. Kepala Bidang Pendapatan II menyetujui Laporan Hasil Penelitian Kantor/ lapangan;
  8. Petugas Operator Console (OC) seksi PDI mencetak Surat Keputusan Kepala Dinas  Tentang Pembatalan Pajak Bumi dan Bangunan;
  9. Kepala Dinas menyetujui dan menandatangani Surat Keputusan Pembatalan;
  10. Petugas Operator Console (OC) seksi PDI membatalkan SPPT PBB sesuai dengan Surat Keputusan Kepala Dinas  Tentang Pembatalan Pajak Bumi dan Bangunan  Surat Keputusan tentang Pembatalan PBB disampaikan Loket Pelayanan Seksi PDI;
  11. Surat Keputusan tentang Pembatalan PBB disampaikan kepada Wajib Pajak.

 

  

A.6. Alur Pelayanan Keberatan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)

Komponen

Uraian

Sistem, Mekanisme dan Prosedur

  1. Wajib pajak menyampaikan berkas permohonan ke Loket Pelayanan Seksi PDI;
  2. Petugas pelayanan menerima, menerbitkan Bukti Penerimaan Surat (BPS), merekam dan meneruskan permohonan ke Seksi Intensifikasi dan Ekstensifikasi;
  3. Wajib Pajak menerima BPS;
  4. Petugas Seksi Intensifikasi dan Ekstensifikasi melakukan penelitian kantor dan membuat konsep Berita Acara Penelitian Kantor/Lapangan;
  5. Petugas Seksi Intensifikasi dan Ekstensifikasi membuat konsep laporan hasil penelitian kantor/lapangan;
  6. Kepala Seksi Intensifikasi dan Ekstensifikasi menandatangani Laporan Hasil Penelitian Kantor/ lapangan;
  7. Kepala Bidang Pendapatan II menyetujui Laporan Hasil Penelitian Kantor/ lapangan;
  8. Petugas Operator Console (OC) seksi PDI mencetak Surat Keputusan Kepala Dinas  Tentang Keberatan atas Pajak Bumi dan Bangunan;
  9. Kepala Dinas menyetujui dan menandatangani Surat Keputusan Keberatan;
  10. Petugas Operator Console (OC) seksi PDI melakukan perekaman data dan mencetak Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT) sesuai dengan Surat Keputusan Kepala Dinas  Tentang Keberatan Pajak Bumi dan Bangunan Surat Keputusan tentang Keberatan PBB dan SPPT disampaikan Loket Pelayanan Seksi PDI;
  11. Surat Keputusan tentang Keberatan PBB dan SPPT disampaikan kepada Wajib Pajak.

 

 

A.7. Alur Pelayanan Penerbitan Salinan Surat Pemberitahuan Pajak Terutang  (SPPT) PBB

Komponen

Uraian

Sistem, Mekanisme dan Prosedur

  1. Wajib pajak menyampaikan berkas permohonan ke Loket Pelayanan Seksi PD I
  2. Petugas pelayanan menerima, menerbitkan Bukti Penerimaan Surat (BPS), merekam dan meneruskan permohonan
  3. Wajib Pajak menerima BPS
  4. Petugas Operator Console (OC) seksi PDI mencetak Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT)
  5. SPPT diteruskan kepada petugas di Loket Pelayanan Seksi PDI
  6. SPPT disampaikan kepada Wajib pajak

 

 

A.8. Alur Pelayanan Pengurangan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)

Komponen

Uraian

Sistem, Mekanisme dan Prosedur

  1. Wajib pajak menyampaikan berkas permohonan ke Loket Pelayanan Seksi PDI
  2. Petugas pelayanan menerima, menerbitkan Bukti Penerimaan Surat (BPS), merekam dan meneruskan permohonan
  3. Wajib Pajak menerima BPS
  4. Petugas Seksi Penagihan PBB dan BPHTB melakukan penelitian kantor dan membuat konsep Berita Acara Penelitian Kantor/Lapangan
  5. Petugas Seksi Penagihan PBB dan BPHTB membuat konsep laporan hasil penelitian kantor/lapangan
  6. Kepala Seksi Penagihan PBB dan BPHTB menandatangani Berita Acara Penelitian Kantor/lapangan
  7. Kepala Bidang Pendapatan II menyetujui Laporan Hasil Penelitian Kantor/ lapangan
  8. Petugas Seksi Penagihan PBB dan BPHTB membuat Draft  Surat Keputusan Kepala Dinas  Tentang Pengurangan atas Pajak Bumi dan Bangunan
  9. Kepala Dinas menyetujui dan menandatangani Surat Keputusan Pengurangan
  10. Petugas Operator Console (OC) seksi PDI melakukan perekaman data sesuai dengan Surat Keputusan Kepala Dinas  Tentang Pengurangan Pajak Bumi dan Bangunan
  11. Surat Keputusan Pengurangan diteruskan kepada petugas di Loket Pelayanan Seksi PDI
  12. Surat Keputusan Pengurangan disampaikan kepada Wajib pajak

 

A.9.  Alur Pelayanan  Restitusi dan Kompensasi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)

Komponen

Uraian

Sistem, Mekanisme dan Prosedur

  1. Wajib pajak menyampaikan berkas permohonan ke Loket Pelayanan Seksi PDI
  2. Petugas pelayanan menerima, menerbitkan Bukti Penerimaan Surat (BPS), merekam dan meneruskan permohonan
  3. Wajib Pajak menerima BPS
  4. Petugas Seksi Intensifikasi dan Ekstensifikasi melakukan penelitian kantor/lapangan dan membuat konsep Berita Acara Penelitian Kantor/Lapangan
  5. Petugas Seksi Intensifikasi dan Ekstensifikasi membuat konsep laporan hasil penelitian kantor/lapangan
  6. Kepala Seksi Intensifikasi dan Ekstensifikasi menandatangani Berita Acara Penelitian Kantor/lapangan
  7. Kepala Bidang Pendapatan II menyetujui Laporan Hasil Penelitian Kantor/ lapangan
  8. Petugas seksi Intensifikasi dan Ekstensifikasi membuat Draft  Surat Keputusan Kepala Dinas  Tentang Kompensasi / Restitusi atas Pajak Bumi dan Bangunan
  9. Kepala Dinas menandatangani Surat Keputusan Pengurangan
  10. Petugas Operator Console (OC) seksi PDI melakukan perekaman data sesuai dengan Surat Keputusan 
  11. Dalam hal restitusi, Petugas Seksi Intensifikasi dan Ekstensifikasi meneruskan berkas dilengkapi dengan persyaratan pengajuan pembayaran kepada Pejabat Penatausahaan Keuangan Dinas untuk dilakukan proses pencairan anggaran di Bidang Perbendaharaan
  12. Surat Keputusan  diteruskan kepada petugas di Loket Pelayanan Seksi PDI
  13. Surat Keputusan  disampaikan kepada Wajib pajak Wajib Pajak mengurus pencairan restitusi pada Sub Bagian Keuangan Dinas dan Bidang Perbendaharaan Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Kota Depok.